Kamis, 21 Juli 2011

Cuma Sebagian - Hanindya Mustika Ningtyas

Juli, 2009 tahun ajaran baru 2009/2010 dimulai, gue Hanindya Mustika Ningtyas tercatat di salah satu kelas yang terbilang baru di SMAN 84 Jakarta, kenapa gue bilang baru? Karena emang baru kali ini setelah sekian tahun berdirinya nih SMA ada yang namanya kelas 11 IPS 4 setau gue dulu emang ada tapi, udah lama ga ada lagi (kalo pak Tata tau tulisan gue ini dia pasti langsung ganti background laptopnya), pertanyaannya kenapa ada lagi nih kelas? Kenapa jumlah kelas IPA yang harusnya berjumlah 3 di pangkas secara paksa? Apakah misteri di balik bertambahnya  kelas IPS? Apakah gue bakal jadi the next Indonesian Idol? Oke itu udah kaya acara gosip-gosip yang lebay gila, sebenernya kelas IPS di tambah karna ada suatu rahasia umum yang gak bisa gue papar disini! (sory buat yang kecewa).

            Pertama tau gue dapet dikelas ini gue langsung ngetem temen buat duduk bareng (lebih tepat di bilang memaksa) “beby duduk sama gue yah!” beby menjawab “iya deh” oke urusan duduk-dudukan udah beres walaupun terlihat jelas kalo beby aga malay –malay kumisan gitu. Sekarang tinggal ngasih tau nyokap,bokap,ade,kakak,mbah putri,mbah kakung,bude,pakde,bule,pakle,sahabat  SMP ,temen,kenalan,gebetan dan yang paling penting gue harus “update status facebook”. Kalian mau tau respon nyokap gue waktu tau gue masuk 11 IPS 4?, bodo amat yang gak mau tau soalnya bakal tetep gua kasih tau,nih kalimat nyokap gua “yaampun tika udah IPSSSS empat lagi idih itu diurutin dari yang pinter ke bego gak?” Tanya nyokap gue pedes “aduuuuh iya kali emang tika pak warno apa bisa tau semuanya!” jawab gue asal tapi mantep. “kalo ada acara rapat atau ngambil rapot mama gak mau ambilin ah malu” pernyataan nyokap gue yang lumayan bikin sakit hati, “selooo aja sih ma! Tukang ojek banyak” jawab gue datar kaya endro.

            Senin, Juli 2009 gue berjalan dengan cool menuju kelas baru gue yang terletak di pojokan, pandangan pertama awal aku berjumpa dengan kelas ini,gue berfikir untuk belok ke ruang BK dan bertanya “bisa pindah kelas gak yah bu ke 11 IPS 3 soalnya di situ ada si Hanacaraka Datasawala Pangajayanya Magabatanga si soulmate saya kesayangan” (sebenernya nama panjang si hana itu Hana Nurrohmah Amatulloh, tapi gak papa yah cin biar lebih dramatis). Tapi niat itu gue urungkan karna sibuk berebut tempat duduk yang strategis persis anak SD, gue geli-geli sendiri karna ternyata udah banyak banget temen-temen baru kelas gue yang udah dateng,gue curiga kalo 5 di antara mereka nginep di sini dari musim liburan kemaren, yasudahlah gue mojok aje akhirnya pilihan hati gue jatuh pada tempat duduk banjar satu saf dua, duduk manis nungguin beby sambil memandang sekeliling, niat gue buat curhat ke BK makin memuncak setelah gue sadar kalo gak ada yang gue kenal di kelas ini selain yang dari kelas gue dulu X-4, aduh gak eksis banget deh orang-orang disini “suara hati gue” (kemungkinan besar guelah yang gak eksis).

            Selesai upacara gue dan temen-temen baru gue ini mulai belajar bareng dengan tertib, dan kabar-kabari yang gue dapet kalo ternyata kelas 11 IPS 4 ini harusnya IPA 3 yang di pangkas dan gosip tersebut di iyakan oleh guru yang mengajar di kelas gue. Alah gue malah bersyukur IPA di pangkas. Di belakang gue duduk 4 cewek yang udah barengan dari kelas X ( atha, tary, pitong, tantya ), dan aaaampun deh gue kerjaan geng yang kita-kita kasih nama bacang ini ngaaaaacaaaaa mulu heran gue diem ngaca, bengong ngaca, nulis ngaca, ahhh pokonya kalo tuh kaca bisa ngomong dia pasti teriak BEBASKAN AKU BEBASKAN AKU TIDAAAK AKU SUDAH MUAK DENGAN WAJAH KALIAN, (oke gue akuin itu lebay) TAPI tau gak sih lo lo pada yang ngaku anak gaol Jakarta! Kalo mereka itu gak Cuma centil ,berisik, gak jelas, ngeselin ( jangan jegat gue di jalan ya ) tapi juga pinter… pinter booo pinter ih gak bohong deh kan ada tuh yang Cuma MENANG GAYA TAPI GAK ADA ISINYA ( gak bermaksud nyindir siapapun yaaa ) dan solidaritas di antara mereka tuh mantep banget!! Satu susah semua susah,satu seneng semua seneng tapi gak SATU COWOK UNTUK SEMUA YAAA, Lita dengan kemanisannya, rasa percaya dirinya,pacar-pacarnya dan status FBnya yang bikin dia makin tenar, elsri dengan gaya dan bibirnya yang eksotis,  ragita dengan pertapaanya (abis diem banget) serly dengan gayanya dan bodinya yang aduhai, fidia dengan mas buluknya, debri dengan tulangnya, novi dengan kecentilanya, mami (rissa) dengan kata-kata tak seronoknya eh si mami ini emang udah kaya emaknya kita-kita soalnya kalo diantara kita ada yang sakit dia pasti dengan sigap ngambil duit gopean ,minyak angin, nyuruh kita buka seragam abis itu dengan senang hati si mami bersedia ngerokin, mantapp!! fika dengan pak posesifnya dan kata-katanya yang pedas tapi Cuma buat seru-seruan ko, lela dengan big bronya dan si lela ini tau semua tempat atau alamat di Jakarta gue berpendapat kalo si lela ini di belah isinya pasti peta! mega dengan otaknya dan suaranya yang ngebass abees, salamah dengan repot, cengeng, apa bangetnya, intan dengan matematikanya, bebyku sayang dengan bajunya yang nyentrik, pokonya si beby ini sahabat gua banget, suatu hari gue pernah beli rujak bareng sama dia dan gue teriak pas gue liat dia mau makan biji kedondong. IYA SI BEBY GAK TAU BIJI KEDONDONG DAN MAU DIA MAKAN TUH BIJI, eva dengan jihadnya gue juga berterimakasih sama eva yang dengan sabar ngajarin gue matematika, beloo (febri) dengan matanya (bukan MANTANNYA), dama dengan upilnya, shinta dengan makanannya .

              Anak lakinya juga asik-asik gimana gitu loh bahkan gue pernah denger ada yang bilang tapi gak tau siapa itu gue lupa “enak ya IPS 4 cowoknya ganteng-ganteng” ( padahal yang ngomong cowok ). olik yang hidupnyah alaaamaaak entahlah tapi enak di jadiin temen curhat dan si olik ini anak bontot yang punya adek segudang! Lu piker aja sendiri!, jekson yang gak bisa diem dan  kita kira selama ini dia gendang-gendang meja pake kaki ternyata belakangan ini kita baru tau kalo itu tangannya dia sama si soulmatenya ini (endro) obsesi banget jadi artis, rama yang dengan kegaulannya, endro dengan muka datarnya najis gua mah datar banget kaya papan jalan mukanya dia juga jago maen sexopone dia dan soulmatenya (jekson) selalu ngelawak di kelas, tatang dengan obsesi dan kusennya, miming dengan artis-artis di twitternya, ares dengan muka ngantuknya, taufik dengan alfanya, imam dengan muka gayus tambunannya, syahir dengan diem-diem jepangnya dia juga operator andalan kami, toto dengan foto-foto syurnya dan lagu-lagu TEMBANG KENANGANNYA perlu kalian semua tau kalo toto itu nama bapaknya nama aslinya si lutfi tapi menurut kami itu kebagusan kalo di bandingin sama kelakuannya kalo anak IPS 4 maen kerumahnya kita sering keceplosan manggil dia toto dan pada akhirnya bapaknyalah yang nengok!, juli dengan kegokilannya si juli ini ketua kelas kami di kelas 12, kibil dengan pantunnya dia di perebutkan lita sama debri loooh, batau dengan hormat kami padanya karna dia yang paling tua coy! Kan kalo sama orang tua kudu hormat, sidik dengan bakso di lehernya, anjar dengan suaranya yang sadar gak si lo semua kalo anjar lagi ngelawak yang lainnya pasti diem mendengarkan dan kemudian tertawa bersama, atau Cuma gue dan beby yang sadar? Dan cahyo si mantan ketua OSIS XX yang memiliki hidung terseksi 2010!

            Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, bulan berganti tahun gue makin betah sama nih kelas yang mulai harum namanya karna anaknya manis-manis,diem-diem dan pinter-pinter paporit guru deh pokonya,(AKU JUJUR LOH dan aku mulai terahuuu :”). Kita sering banget ngadain acara bareng buat bakar-bakar best campnya sih di rumah mas purwoko-woko (sidik).

            Namun keantengan kelas IPS 4 mulai kurasakan pudar dalam hatiku,semenjak naek ke kelas 12 idih pada bawel beud! Kaga ada yang bisa diem,sampe-sampe guru-guru pada protes dimana kelas IPS 4 yang anteng dan nurut dulu? Dimana kelas yang saya sangat betah berlama-lama didalamnya? Dimana kamu yang dulu cinta sama aku? (krik krik krik), mungkin anak-anak IPS 4 mulai merasa menjadi penguasa alam 84 karna udah jadi senior atas atau mereka stress dan berusaha mengekspresikan kegilaanya itu karna UAN telah memanggil atau mungkin mereka sadar kalau inilah tahun terakhir mereka mengenakan seragam putih abu-abu monyet? entahlah itu masih menjadi misteri.

            DAN YANG PALING GUE KANGEN SAMPE KE UBUN-UBUN sama mereka tuh di suasana balajarnya yang sumpah selama 10 tahun gue mengenyam pendidikan baru kali ini nemuin kelas yang aduh apa yah ah pokonya begitulah, pelajaran favorit kami tuh matematika, bukan hanya karna bapak guru yang ngajarnya imut aja tapi juga ya emang dasarnya suka (apa sih?) sampe-sampe pak Kartono bilang (itu nama guru matematikanya) ini kelasnya gak di acak yah ko yang pinter di sini semua (kami semua langsung nyengir kuda poni) tapi kita sekelas bego banget sama pelajaran bahasa Jerman (ADUH PINTER KOMPAK BEGO JUGA KOMPAK), kalo gak ada guru mainan favorit di kelas IPS 4 tuh kebo bunting,gitaran dan nyanyi bareng sama adu pantun antara kibil sama lita tapi abis itu suka mati lampu abis si kibil bawa-bawa menara sutet! Kalo udah maen adu pantun sekelas lupa deh sama masalahnya yang ga di kasih duit jajan,baru putus atau sedih karna gebetannya udah punya pacar dan gak putus-putus (AAAAAAAAAAAAAAAAA), dan anak cewek di kelas IPS 4 tuh kalo belajar selain pake otak juga pake hati (yang tau mah tau yang engga yah diem aja yak) anak cowoknya juga ngefans banget sama mom Dina eh bukan tapi frau Nani! Apa lagi kalo bu pulo dateng buat ngabsen wiiiiiuh pasar malem kalah ramenya coy! (kenapa jadi bu pulo).

            Susah seneng udah kita lakonin bersama dan cobaan yang paling berat adalah saat kami sekelas di gosipin nyontek kalo ulangan malah ada yang bilang kalo kelas IPS 4 suka naro buku di kolong pas ulangan mangkanya nilainya unggul mulu di semua pelajaran,SAAAAAAKKKKIIIIT HATI ini coooy! Kita Cuma bisa diem dan kalem gak lupa tetep cool!!! yang penting bagi kita bapak dan ibu guru tau kemampuan IPS 4.

            Satu lagi kelemahan IPS 4 karna manusia emang gak ada yang sempurna, kita gak pernah dapet piala di acara sekolah, bulan apa gak tau lupa ada acara class meeting dan IPS 4 berencana memenangkan pertandingan futsal, tapi rencana tinggalah rencana kami KALAH padahal seminggu sebelumnya big bro(lela) sudah melatih mereka di pantai ancol. Menyusun strategi di rumah toto pokoknya usaha kami sangat amat maksimal!! Kami bahkan mengimpor beberapa pemain mancannegara mereka di antaranya : anjar-korea, juli-jepang, jekson-afrika hmm yasudahlah tapi yang cewek juga gak mau kalah! Dengan semangat membara dan maconya nekat ikutan lomba tarik tambang, (juara dua coy) kita juga pernah menang juara 1 mading pas bulan bahasa (kami bangga), kami juga pernah mengikuti lomba adu pantun dengan kepercayaan diri yang memuncak tapi HHAADUH isi pantun kami selalu mengandung SARA jelas aja kalah!! (Koplak abis).

            Kami juga mempunyai cerita menegangkan dan mengharukan tentang si belo pokoknya sangat amat bikin tegang, sampe-sampe Mr. Ari guru favorit kita juga, itu shock abis aduh gak perlu gue ceritain yak lu lu pada udah tau kan?. Dan cerita apa banget dari salamah! Suatu pagi yang cerah kelas kami yang terkenal bersih dan wangi tiba-tiba di penuhi dengan bau eo kucing aduuuuh satu kelas ribet semua nyari sumber biang keroknya DAN TERNYATA sumber eo kucingnya adalah sepatunya SALAMAH IYA SALAMAH TAU KAN SALAMAH? Anak-anak langsung heboh apalagi anak lakinya “idih salamah. Ih jangan temenin salamah ih bau eo kucing ihh sana pindah kelas ih salamaaah” dengan muka merah padam salamah langsung chaw ke kamar mandi diikuti anak cewek yang peduli sama masa depan salamah dan mencoba membantu, namun sesampainya di kamar mandi salamah lantas berteriak “KALIAN SEMUA JAAAAHHHHAAAAAT” mundur mundur daaaan yaaak apa yang terjadi sodara-sodara? Si salamah kepeleset iya KEPELESET “GEDUBRAAAAAAAAK”selanjutnya… tangisan salamah semakin membabi buta.

Kami yang semula prihatin dan makin prihatin tapi tetep gak bisa nahan ketawa. 

            Kami juga sangat bersyukur karna selalu di anugrahi wali kelas yang HEBAT dan MANCAP kelas 11 Papi Mujur dan kelas 12 Bunda Lin, mereka berdua begitu peduli dengan perkembangan kami tak kenal lelah,susah mereka membimbing kami sehingga kelas kami menjadi kelas favorit KAMI SAYANG SAMA PAPI DAN BUNDA :”).

            Di IPS 4 juga ada singkatan-singkatan SOK JEBE hasil diskusi kami di twitter ada “RIBON” yang artinya RItha BONa ( batau ) sebenernya itu nama anak mereka berdua, si ritha itu sudah mencoba melakukan pembunuhan bengis kepada janinnya tetapi kami sebagai bibi dan omnya berhasil mencegah kejahatan tersebut, “LEEMINHO” LEEla MImiNg HObah pasangan anak gaul yang tak terditeksi pasangan yang lucu! “PITAK” PItong baTAK si batak ini sebenernya anak IPS 3 tapi cinta mereka berdua mulai bersemi semenjak kelas X, yaaaah itu sebenernya gak serius Cuma buat seru-seruan aja tapi sepertinya mereka menikmati (kayanya gua bener-bener bakal di tampol).

            Okelah sodara-sodara selesai sudah curahan hati ini saya,makasih dan maaf yah buat yang tersungging senyumnya dan tersinggung hatinya dan sebenernya masih banyak banget kisah-kisah indah mendesah (?) yang kalo gue certain sampe laptop gua rusak! LOVE YOU salam damai dan kompak selalu PISSS!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar